Senin, 13 Oktober 2014

Cerita di Tengah Malam,..



Dengung-dengung itu kembali berbunyi, memenuhi ruang-ruang kosong telinga. Seakan rutin menemani, menjadi irama yg terabaikan. Tatapi kadang menjadi menyibukkan jika sudah berlarut2..

Kali ini suaranya bertambah dengan detakan bunyi jam. Ah, ternyata sdh pukul 12:30  malam. Jemari masih bercengkrama dengan keyboard komputer. Artinya 1/3 malam terakhir akan datang bertamu, saat-saat dimana insan manusia diundang menghadap sang Khalik. Allah mengukir undangan ini di surah Al Muzzammil : 2-3 "Bangunlah (untuk sholat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), seperdua atau kurangilah dari seperdua itu sedikit"

Ini artinya dibilik-bilik lain sudah ada yg bersiap menerima jamuan Tuhannya, di bilik lain mungkin masih terlelap, bahkan mgkn dibilik lainnya masih berhura-hura dengan kemaksiatan. Namun disini, dibilik ini hati masih terjaga dari Mengingatnya, namun badan masih setia bercengkrama dengan hitungan di komputer.

Yg terlihat hanya kotak-kotak aneh yg berisi angka-angka. Kadang terabaikan karena keonsentrasi pada isi kotaknya. Atau kadang sudut kecil mata menatap tajam ke arah tumpukan kertas kerja.

Fikiran kembali bekerja dengan liarnya, Jikalau buku2 ini adalah kitab-kitab fiqih, tafsir atau qur'an. Mgkn Pahala berlimpah yg didapat.
Sisi lain fikiran menyela, itu kan hukumnya fardhu kifayah, engkau cukup mengetahui yg diwajibkan,  pelajarilah yg menjadi keahlianmu dan manfaatkan untuk kemashlahatan ummat. Itu sama bergunanya dengan engkau berlajar Ilmu agama. Ummat islam juga butuh ahli teknik dan struktur bangunan.
Sisi fikiran lainnya menyela. Itu hukumnya Wajib. Rasulullah bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim" (HR. Ibnu Majah)
Terjadi perdebatan sengit, sepertinya 2 sisi fikiran belum menemukan titik temu.

Seolah perdebatan mereka mulai mengusik konsentrasi. Sudut kecil mata tertuju ke sisi komputer. Terdapat tulisan tafsir Al-Qurtubi.
"Ketahuilah, menuntut ilmu adalah suatu kemuliaan yang sangat besar dan menempati kedudukan tinggi yg tidak sebanding dengan amalan apapun"

Terhenyak kembali, semakin bergetar dgn kebingungan. Mgkn saatnya untuk menghentikan kerjaan malam ini. Semoga besok pagi menemukan pencerahan.

Sekejap komputer di turn off. Suara-suara dengung yg berirama tadi juga terhenti. Ternyata berasal dr CPU.

Jam sdh pukul 01:00 dini hari. Saatnya pulang kerja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar