Selasa, 14 Oktober 2014

Hal-hal yang Mengugurkan Pahala,..

Pernahkah anda melihat gunung pasir yang menjulang tinggi, bukit yg kokoh seolah tak tergoyahkan. Namun suatu ketika datang angin kuat lalu melenyapkannya dr pandangan?
Itulah gambaran pahala bagi orang2 yang mengamalkan kebaikan namun dgn niat bukan untuk Allah..

Ibnul Qayyim berkata: "Sesungguhnya tiap amalan itu memiliki motivasi dan tujuan. Sebuah amalan tidak akan terhitung sbg ketaatan jika bukan diniatkan untuk Allah".

Bagaikan pasir yg ditiup angin, begitulah amalan dgn niat dan cara yg salah akan hilang tanpa bekas. Hal-hal yg mengakibatkan kejadian tersebut diantaranya:

1. Syirik dan Riddah (Kemurtadan)
Pebuatan syirik tidak akan diampuni Allah dan akan mengpus semua amalan kecuali taubat Nasuha. Allah Berfirman:
"Jika kamu berbuat syirik, niscaya gugur dan terhapuslah amalanmu dan tentulah kamu termasuk orang yg merugi" (QS. 39:35)
2. Riya'
Amalan yg diniatkan untuk mendapatkan pujian orang lain, maka amalannya tertolak, bahkan dia akan mendaptkan adzab yg pedih. Orang seperti ini seolah beramal untuk mengadzab dirinya.
3. Mengungkit-ungkit kebaikannya
Allah berfirman :
"Hai orang2 beriman, janganlah kamu menghilangkan pahala amalanmu dengan mengungkit-ungkitnya dan menyakiti perasaan si penerima." (QS. 2:246)

4. Meninggalkan shalat Ashar.
Sabda Rasulullah: "Barangsiapa meninggalkan shalat ashar, maka telah gugur amalannya" (HR. Bukhari : 553)

5. Hasad
Sabda Rasulullah:
"Jauhilah oleh kalian perbuatan hasad, karena hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar" (HR. Abu Dawud)

Ada banyak sekali perbuatan yg menghilangkan pahala amalan, bahkan bisa membawa jauh kedalam jurang Neraka. Sepatutnyalah  kita hiasi seluruh amalan kita dengan mengharapka keridhoan Allah. Sehingga kelak ketika nyawa sdh bercerai dgn badan, tidak ada kekhawatiran di dalam hati.

Jangan sampai keringat kita yg menetes untuk bebuat baik malah menjadi pelumas sirath tempat kita berjalan kelak, akhirnya kita terpeleset ke dalam Neraka.
Wallahu'alam bi showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar