Rabu, 16 Desember 2015

Tanya Jawab Syariah Rumah Dakwah Indonesia ke 53


Rekapan Tanya Jawab Syari'ah~Tjs(53) 
®Rumah Dakwah Indonesia


Edisi Rabu, 16 Desember 2015

Pertanyaan G-03
Assalamualaikum ukhty.. Zola mau nnya lagi,
Kalau misalnya kita lupa berapa hari ganti puasa, bagai mana kita menggantinya ukhty ? Trmksh 😄😀😊

Jawab

Berusahalah semampunya untuk mengingatnya, dan berdo'a kepada Allah agar diberi kemudahan dalam mengingatnya ...

biasa ketika ragu ada beberapa pilihan, saran ana ambil yang paling yakin, jika tidak yakin ambil yang terbanyak ... semoga Allah memudahkan ... dan next jika ada hutang puasa ramadhan jangan ditunda untuk membayarnya, karena sifat kita yang sering lupa 😊

©Ustadz HizbuLlah Ali

Pertanyaan grup 06
Oh ada, ada, bolehkah mencukur rambut anak (aqiqah)di hari k-14 nya?

Jawab
Boleh.... agama islam agama yg sgt toleran...dan bukan agama yg mempersulit ummatnya...

©Ustadz H. Muslim Maksum Yusuf Lc

Pertanyaan G- 09
Ust ane mau nanya.
kenapa suroh Al Ikhlash itu dinamakan suroh Al Ikhlash.padahal ngak ada kata ikhlash dalam surat itu?
Kenapa Al ikhlash itu disebut 1/3 Al Qur'an.
Syukron sebelumnya

 Jawab
Ikhlas itu artinya hanya mengesakan Allah dalam setiap gerak hati, fikiran, ucapan dan amal perbuatn. Ahad itu artinya Esa. Jadi, mengesakan Allah itu artinya tauhid= ikhlas. Tdk ada sesuatu pun yg mampu menandingi Nya. Penamaan surah di dalam Al-Qur'an, tdk selalu harus di sebut kalimatnya dlm ayat surah tsb, tp boleh dgn maknanya. Seperti surah At-Taubah yg di sebut juga surah "al-Baro'ah" krn diawali dgn kalimat "Baroo'atun".. Jd kandungan surah Al-Ikhlas adalah ttg meng-esa-kan Allah sbg makna dari kalimat " Ahad" dlm surah tersebut yg mengandung makna "ikhlas", hanya mengesakan Allah dlm segala hal. Allahu A'lam..

©Ustadzah Mar'atush Shalehah Lc

Pertanyaan G-05
Sy ingin berty lg. Dlm islam dianjurkn u shlt tepat waktu. Bgmna kalo pas by menangis minta susu, mana yg didahulukan, shlt tepat waktu atau kita diemin by dulu yg menangis,baru kita shlt

Jawab
Buat dan berikan susu ke baby anda terlebih dahuku agar shalat tak terganggu..

©Ustadz H.Muslim Maksum Yusuf Lc

Pertanyaan G-05
Ass, sy ingin berty bgmna ciri2 org musyrik yg dikatakan di AlQuran. Kr di AlQuran sering dibahas org musyrik. Klo riya, apakah termasuk org musyrik?

Jawab
Riya adlah syirik kecil krn dia beribadah masih ada motivasi selain Allah...ingin pujian manusia atau yg lain..

©Ustadz H. Muslim Maksum Yusuf Lc

Pertanyaan G- 05
Assalamu'alaikum
Ustadz/ah yg dimuliakn Allah memotong rambut atau menggunting kuku disaat haid ada yg bilang dilarang.Benarkah ustadz/ah? mohon penjelasan syariatnya. Jzkllah

Jawab
Waalaikumussalam warohmatullah...
Tidak ada satupun dalil ayat atau hadits yg melarang memotong rambut dan kuku saat haidh...

©Ustadz H. Muslim Maksum Yusuf Lc

Pertanyaan G-05
Seorang wanita apabila sudah baligh dan belum menikah maka dosanya ditanggung oleh ayahnya. Tapi jika sudah menikah maka dosanya ditanggung oleh suaminya. Apakah maksudnya dosa seorang wanita itu menjadi beban wanita itu sendiri dan juga beban untuk mereka yang ikut menanggung dosa mereka (ayah/suami)?

Jawab:

Setiap orang yg sudah baligh, menikah atau lajang,  laki2 maupun perempuan, menanggung hasil usahanya sendiri, pahala dan dosa. Seseorang tdk akan menanggung dosa orang lain. Begitu Allah sebutkan dlm Q.S. An-Najm 38-39.
Orang tua/ayah ataupun suami baru akan mendapat dosa ketika MEMBIARKAN org yg menjadi tanggung jawabnya berbuat salah, siapapun itu. Jk sdh ada upaya utk mengingatkan, membimbing, mendidik mrk, maka Allah Maha Adil, Dia tidak akan menghukum utk sesuatu yg kita tidak memiliki kekuasaan utk mengendalikannya.

© Ustadzah Dariantini SPdi, MA.

Pertanyaan G- 05
Ustadz/ah bagaimana hukumnya menghibahkan hijab2 yg tidak syar'i milik sy dulu ke orang yg baru hijrah (baru berhijab)? Apakah salah dlm pandangan Islam? Lalu sebaiknya apa yg sy lakukan terhadap hijab2 itu yg sudah dikenakan oleh mereka? Jazakumullah khair...

Jawab
Jilbab yg msh bisa menutup aurat msh bisa diberikan kpd yg membutuhkan...

©Ustadz H. Muslim Maksum Yusuf Lc

Pertanyaan G-05
Assalamualaikum,, mau nanya. Boleh ga kita minta doain sama non muslim ?

Jawab
Waalaikumussalam warohmatullah
Tidak boleh... krn mrk minta dan berdoanya bukan kpd Allah Swt...


©Ustadz H. Muslim Maksum Yusuf Lc

Pertanyaan G-01
Assalamu'alaikum.. apa hukumnya mengadakan acara pengajian 1th, 1000hr dll. Saya secara pribadi tdk mau,  tp ibu saya keukeuh mau mengadakan acara tsb.
Terima kasih

Jawab:

Dalam Al-Quran ataupun hadits  tidak pernah dijumpai perintah atau anjuran melakukan hal tsb. Dan ajaran memperingati 100 hr, 1000 hr, dll memang  tradisi yg bersumber dr ajaran Hindu yg masuk dan terbawa ke dalam masyarakat muslim, meskipun sekarang dikemas dlam bentuk pengajian atau mengundang anak yatim, dll.
Tugas ukhti adalah menyampaikan dan mengingatkan dg cara yg baik. Tapi jk yg diingatkan tdk mau menerima, mk tanggung jawab ukhti sdh lepas. Tinggal mendoakan mereka agar Allah bukakan hati dan mendapat hidayah Allah.

© Ustadzah Dariantini SPdi, MA.

Pertanyaan G-15
Bismillaah
Ustadzah, sy sdh 2,5 thn tdk haid. Skrg pasang IUD. Darah dlm sbln ini sdh 3x darah kluar. Bgmn mmbedakan haid dn darah istihadhah?
(3hr ada darah, bersih satu hari. 12hr ada darah, bersih 5hr. Skrg kluar darah sdh 2hr)

Jawab:

Besar kemungkinan kondisi tdk normal yg  ukhti alami adalah akibat pemasangan IUD. Memang tdk mudah membedakan darah haid atau istihadhah, krn terlihat hampir sama. Warna bukan patokan utk bs membedakan keduanya, krn darah haid mungkin berwarna, merah kehitaman, merah segar, coklat, bahkan kuning.
Tapi para ulama memberikan batasan bhw haid itu maksimal 15 hari, lewat dr itu maka berarti istihadhah. Jk kita mengikuti pendapat ini, mk setelah hari ke-15 ukhti harus mandi junub dan sholat seperti biasa meskipun darah masih keluar.

© Ustadzah Dariantini SPdi, MA.


©Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia
Tim P n k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar